Sunday, February 19, 2012

#ForYoungerMe About Your Goodbyes

Dear, the ten year old me

Aku tahu keadaan sedang sangat tidak menyenangkan bagimu. Kamu benci harus pindah sekolah di pertengahan tahun ajaran seperti ini. Kamu kesal karena harus meninggalkan teman-teman di sekolah lamamu. Sekolahmu yang sekarang lebih besar dan bagus—mereka bilang sekolah ini adalah salah satu yang terbaik. Tapi kamu tidak peduli itu, kamu lebih suka berada di sekolah yang jelek namun dikelilingi oleh teman-teman terbaikmu. Di sekolahmu yang baru, semua sudah saling mengenal, dan kamu tidak lebih dari sekadar anak baru yang pendiam. Benarkan? Sifat kita membuat kita membenci perpisahan. Percayalah, sampai hari ini aku masih selalu membencinya. Kita tidak akan pernah menyukai pindah ke lingkungan yang baru dan beradaptasi dari awal.

Keadaan tidak semakin baik dengan nilai-nilaimu yang turun drastis. Kalau di sekolah lamamu kamu adalah juara kelas, kamu bukan apa-apa di sekolah yang baru. Hampir semua nilaimu merah, terutama pelajaran matematika. Standar di sekolah barumu memang jauh lebih tinggi. Tapi tenang saja, hal ini tidak akan bertahan lama. Aku tahu kamu hebat, dan sebentar lagi kamu akan menyadarinya. Nilai-nilai jelek ini hanyalah awal, tunggu hingga kamu mulai bisa menyesuaikan diri. Segalanya akan lebih mudah bagimu, dan kamu akan kembali seperti dulu, meski tidak menjadi juara kelas.

Akan ada masa di mana kamu sangat merindukan teman-temanmu yang dulu. Saat telepon dari mereka sangat kamu nantikan, dan kamu akan berbicara panjang lebar menceritakan hari-harimu. Dengan keadaanmu yang sekarang, dan rasa kangenmu pada teman-temanmu, aku tahu kamu sedang membenci sekolah.

Tapi, seperti yang orang-orang bilang kalau badai pasti berlalu. Kamu akan segera melihat sisi baik dari semua ini. Perpindahanmu adalah sebuah awal dari hari-hari yang luar biasa menyenangkan. Di kelas satu SMP kamu akan bertemu dengan sahabatmu. Kalian akan banyak menghabiskan waktu bersama, berbagi cerita menyenangkan dan menyebalkan, berbagi sakit hati dan tawa. Sampai sekarang dia masih sahabat terbaikmu, dan kamu belum menemukan orang yang dapat diajak kerja sama sebaik dia.

Bukan hanya itu, masih banyak hal-hal seru yang akan kamu alami. Dan kamu akan menghabiskannya bersama teman-temanmu. Kamu akan merasakan asiknya kemping, menginap bersama teman-temanmu di Puncak, liburan ke Carita, bahkan masa hectic-mu mempersiapkan UAN akan menjadi sangat menyenangkan karena kalian melaluinya bersama. Semua menyenangkan dan tidak bisa kutuliskan dalam kata-kata. Kamu harus mengalaminya sendiri.

Tentu saja kamu masih akan mengalami banyak perpisahan. Namun, pesanku, be strong and live every moment to the most, karena kamu akan sangat merindukannya ketika semua harus berakhir.

Dari, dirimu sembilan tahun lagi yang masih membenci perpisahan.

No comments:

Post a Comment