Tuesday, February 21, 2012

10 Things I Am Grateful For


Beberapa waktu yang lalu saya sempat chat dengan sahabat saya dan mengatakan kalau kuliah kedokteran itu bikin parno. Sakit sedikit langsung mikir yang nggak-nggak. But, I realize that studying med also make me grateful for many simple things. Dan di bawah ini adalah sepuluh hal kecil yang saya syukuri, tentu saja daftarnya masih panjang, tapi setelah membaca ini, saya berharap teman-teman juga bisa ikut bersyukur untuk keadaan teman-teman yang sekarang J

For I am still breathing
The most essential thing a person should grateful for. Banyak orang di luar sana yang harus membayar mahal demi oksigen dan sebuah alat ventilator. And I believe I don’t have any idea of how bad they want to switch their position with any healthy person like us.

For this heart still beating
19 years, 20 years, 50, 90. Can you imagine how amazing this heart that God has created for us? It can beats without exhausted. Bersyukurlah untuk kesempatan hidup sedetik lagi—semenit lagi, satu jam lagi, satu hari, satu bulan, satu tahun, dan seterusnya, yang Tuhan berikan.

For blood that flowing in my body
I just learn this thalassemia, leukemia, and so on things at college. And knowing I don’t have to depend on transfusion or chemo for my whole life is just so relieving. Dan untuk teman-teman yang mengalaminya, you are a hero. Because you can still smiling with your condition. I don’t think I can.

For I can see many things
Bisa melihat tentu adalah hal yang harus kita syukuri. Sekalipun kadang hal-hal yang kita lihat tidak menyenangkan (nilai yang jelek salah satunya, hehe…) But, having a vision is everything. Dan saya bersyukur dapat melihat dunia.

For I can still move freely
Untuk sepasang tangan dan kaki yang lengkap dan dapat digerakan sebagai mana mestinya.

For I can feel hungry and thirsty
Karena lapar dan haus membuat kita bisa merasakan kenyang dan rasa makanan yang lebih enak.

For I can speak, sing, and eat
Can you imagine living with a nasogastric tube? Kamu tidak akan bisa merasakan rasa dari makanan yang kamu makan. Can you imagine living without a voice, and only can sing in your heart? Be grateful.

For not living in pain
There are people out there who living with cancer and can’t enjoy their life because of their pain. There are people out there who depend on morphine to release them from pain. And there are people out there begging to end their life to be free from pain.

For my brain still remembering many things
Sekalipun nggak membuat saya jadi yang terpandai di kelas. Atau paling jago dalam menghapal. Saya bersyukur karena banyak orang di luar sana yang bahkan tidak mampu mengingat nama orang-orang terdekatnya; apa yang baru saja mereka lakukan; siapa yang mereka cintai. Bersyukurlah kalau hari ini kamu masih bisa mengingat momen-momen berharga dalam hidupmu.

For I can still go to toilet properly
Jangan sebut saya jorok, karena bisa BAB dan BAK dengan teratur adalah salah satu kenikmatan dunia yang harus kita syukuri. Believe me. Ask this to them who depend on a catheter or suction to do both of these things.


No comments:

Post a Comment