Tuesday, September 25, 2012

Bruises


Seorang laki-laki berlari-lari menuju stasiun mengejar kereta api yang sudah siap mau berangkat. Sambil lari, ia berdoa, "Ya, Tuhan, tambahkanlah kekuatanku, supaya aku sampai ke stasiun sebelum kereta berangkat."
 Tiba-tiba ia tersandung dan jatuh. Sambil memandang ke langit, ia mengeluh, "Tetapi, ya, Tuhan, aku tidak minta didorong!"

Ketemu jokes ini waktu lagi nyari-nyari bahan untuk warta Minggu di gereja. Pertamanya saya tertawa, tapi ternyata setelah dipikir-pikir lagi, humor ini nancep juga ya rasanya.

Sering banget kita berdoa minta ini itu, minta dikasih kekuatan, kesabaran, dan lain-lain. Tapi, ketika Tuhan memberikan dorongan yang sedikit lebih keras dibanding dugaan kita, we end up complaining to Him. Marah-marah karena hidup kita mendadak jadi ‘gedubrakan’.

Saya sendiri sedang merasa messed up banget beberapa minggu ini. Kayaknya ada aja masalah dan kekhawatiran-kekhawatiran yang mengganggu. Mulai dari merasa gagal, kewajiban yang bertumpuk, nyakitin orang lain tanpa sengaja, dan… masih banyak lagi tekanan yang nggak cuma membuat lelah fisik tapi juga batin. Intinya, saya sampai pada suatu titik di mana saya hampir memutuskan untuk nyerah, nggak peduli, bodo amat orang mau beranggapan apa tentang saya. Saya capek. Dan saya lari. Saya menjadikan teman-teman SMA saya sebagai pelarian. Karena bersama mereka saya bisa haha-hihi sepuasnya, melupakan masalah yang sedang saya hadapi, berharap waktu berhenti berputar, menjadi diri saya yang baik-baik aja. Saya tahu lari nggak menyelesaikan masalah, tapi toh saya tetap nggak peduli.

Tapi malam ini setelah membaca humor di atas entah kenapa saya jadi teringat doa pagi saya beberapa minggu lalu. Pagi itu saya minta pada Tuhan bahwa saya ingin semakin bertumbuh di dalam Tuhan. And it works, mungkin ini jawaban Tuhan untuk doa saya. Ketika saya ingin semakin bertumbuh, Ia memberikan masalah yang dapat membentuk saya. Dan quote satu ini mendadak muncul di benak saya: Trials are the soil in which faith grows. Omong kosong kalau seseorang bisa bertumbuh tanpa ditempa lebih dulu. Bohong kalau seseorang bisa lebih kuat tanpa dihajar dan babak belur lebih dulu. Dan… pada akhirnya saya sadar, apa yang sedang saya alami sekarang akan menjadikan saya lebih baik nantinya. Semoga.

1 comment: