Tuesday, July 24, 2012

In A Conversation: #Falling-in-Love


“Ngelupain cewek, segitu susahnya ya, Re?” tanya Olla.

Revan menoleh pada sahabatnya,”Elo belum pernah suka ama cowok sih”

“Gue selalu mikir, enak banget ya orang yang jatuh cinta. Kelihatan bahagia, bersemangat, dan selalu tersenyum”.

“Yang bahagia itu orang yang saling jatuh cinta,” Revan menekankan,”Kalau nggak mah, malah bikin gondok. Capek.”

“Kayak elo ya?” cibir Olla,”Cewek kan bukan cuma Rana doang. Udahan dong patah hatinya. Rana aja udah happy-happy ama cowok barunya”.

“Ngomong sih gampang. Elo jatuh cinta dulu gih, baru ngajarin gue,” ujar Revan sebal.

“Kalau jatuh cinta mencetak orang-orang untuk jadi kayak lo, gue males ah. Senengnya di awal doang, tapi begitu putus yang ada malah sakit hati. Yang ada malah nggak bisa saling ngobrol lagi”.

“Yah, mau gimana lagi? Namanya juga udah nggak cocok”.

“Bukannya udah. Tapi emang dari awal nggak cocok. Kalian pacaran buat nyari tahu kecocokan itu kan? Kalau merasa nggak cocok di tengah-tengah, ya berarti perbedaan itu udah ada dari awal,” tutur Olla.

Revan mengernyit, hendak membantah, tapi akhirnya ia mengala,”Terserah deh. Iya aja”

“Kalau pacaran bikin hubungan jadi rusak, apa iya pacaran itu perlu? Kenapa nggak temenan aja? Atau sahabatan? Kayak gue ama elo misalnya. Gue seneng jadi sahabat elo, Van. Kita beda banget, kadang suka berantem, tapi nggak perlu sampai nyakitin diri sendiri. Berantemnya kita ya cuma sebentar, nanti baikan lagi, diomongin lagi, nggak bikin diem-dieman kayak elo ama Rana”.

Revan menghela napas berat,”Karena status temen atau sahabat tuh terbatas, Ollaaa.”

“Terbatas?” alis Olla bertaut,”Kayak elo nggak boleh gandeng atau meluk gue? Bukannya kita sering ya? Atau elo nggak boleh tahu privasi gue? Bukankah itu esensi dari sahabat? Saling berbagi cerita, bahkan yang paling gelap sekalipun.”

Revan menggaruk-garuk kepala, susah juga bicara dengan si bawel satu ini,”Tapi pacarkan harus cuma satu, kalau sahabat boleh lebih. Gue bicara komitmen di sini. Gimana elo harus setia ama satu orang dan menjadikannya istimewa karena elo sayang dia”.

“Kalau sayang, kenapa harus marah melihat dia bahagia sama orang lain? Harusnya kita ikut bahagia kan?”

“Karena cemburu itu salah satu bukti cinta, La. Gue bahagia kok kalau Rana bahagia, tapi gue masih merasa nggak rela ada orang lain yang bakal ngerasain rasa sayang yang pernah gue terima; ada orang lain yang bakal menyayangi dia seperti yang gue lakuin dulu. Dan…”

“Dan?”

“Ada rasa sakit hati, ketika tahu Rana lebih milih orang lain ketimbang gue. Ada rasa marah karena gue kalah—“

“Elo nggak kalah kok!” sambar Olla cepat,”Elo kan yang berhasil menangin hati Rana duluan, ngasih warna untuk hidup dia, bikin dia tahu seperti apa rasanya dicintai. Makanya elo mesti bisa bahagia juga”.

Revan tertegun ketika melihat setetes air mata jatuh di pipi sahabatnya. Ia nggak tahu kalau rasa peduli Olla padanya ternyata sebesar itu.


“Jatuh cinta itu… kompleks ya?” Olla kembali bersuara setelah dirinya mulai tenang.

“Iya. Makanya…” Revan mengacak-acak rambut sahabatnya gemas,”Jatuh cinta dulu sana!”

No comments:

Post a Comment