Friday, July 13, 2012

Europe!


Finally, one of my biggest wishes had come true! Keliling Eropa! Yah, walaupun belum semua negara saya kunjungi sih… Eropa, seperti yang ada di kepala saya selama ini, dipenuhi oleh bangunan-bangunan kuno bersejarah. Dan yang nggak pernah membuat saya berhenti tahan napas adalah arsitektur dan seninya. Melihat-lihat karya seni dan arsitektur Eropa mengingatkan saya bahwa Tuhan memang menciptakan manusia begitu hebat. Bayangkan saja, zaman dulu—dimana teknologi belum secanggih sekarang, mereka sudah dapat membuat berbagai macam lukisan, pahatan, dan gedung yang rumit. Nggak cuma itu, gedung-gedung seperti gereja yang kelihatan rumit luarnya, ternyata bagian dalamnya lebih menakjubkan lagi, karena arsitektur bangunan ternyata memegang peranan penting dalam mengendalikan pantulan suara. Karena waktu itu belum ada sound system, bisa dibayangkan betapa hebatnya arsitek yang merancangnya sedemikian rupa sehingga suara sekecil apapun bisa terdengar jelas dan tidak bergema. Saya jadi berpikir, kalau dulu saja manusia sudah sehebat ini, maka nggak ada alasan bagi kita yang sudah dilimpahkan dengan berbagai kemajuan teknologi untuk nggak berkarya.

Tapi, yang disayangkan banget, saya banyak sekali menemukan gereja yang terbengkalai. Hanya jadi museum karya seni, tanpa dipakai beribadah. Sedang di Indonesia, untuk mendirikan sebuah gereja saja harus mati-matian minta izinnya.

Oke, lanjut ke liburan saya di Eropa. Saya beruntung sekali bisa melihat Floriade—pameran bunga terbesar dari seluruh dunia yang diadakan Belanda sepuluh tahun sekali. Tahun ini, acaranya digelar di Venloo, sebuah kota kecil yang sama sekali nggak terkenal sebelum diadakannya pagelaran ini. Cuaca yang sejuk benar-benar membuat saya menikmati suasana di sana, dan di seluruh bagian Eropa lain, kecuali Italia. Italy is incredibly HOT! Panasnya Jakarta jadi nggak ada apa-apanya dibanding Italia. But, still I like it a lot, especially Verona—the home of Romeo and Juliet, and Milan—where you can’t stop shopping!

Overall, it was an amazing experience. Hope I’ll be back someday, masih banyak banget tempat yang ingin saya kunjungi, dan Prague adalah salah satunyaJ

No comments:

Post a Comment