Wednesday, August 1, 2012

Passion


picturetakenfrom:weheartit.com
“Apa sih impian lo?” Seseorang menanyakan itu pada saya beberapa waktu lalu. Impian?  Saya jadi sadar betapa pertanyaan seperti itu jarang sekali terlontar dalam pembicaraan sehari-hari—bahkan dari orangtua sekali pun. ‘Mau kuliah apa?’, ‘Ambil jurusan apa?’, itu yang lebih sering terdengar. Dan saya baru menyadari, kuliah dan impian bisa jadi sesuatu yang benar-benar beda.

Tanya saya tentang impian saya dua tahun lalu, saya akan menjawab tidak tahu. Tapi, sekarang ketika—sudah mengambil jurusan kedokteran, dan kembali diperhadapkan pada pertanyaan yang sama, bohong kalau saya menjawab impian saya adalah menjadi dokter. Impian saya jauh dari itu. Impian saya adalah menjadi penulis. Passion saya adalah menulis.

Dulu, waktu masih sekolah, saya sering iri melihat teman-teman saya yang walaupun nilainya jelek di beberapa mata pelajaran, tapi punya pelajaran favorit—entah itu matematika, melukis, atau musik. Rasanya enak banget punya sesuatu yang disukai, punya sesuatu yang bisa menjadi tujuan hidup, punya sesuatu yang bisa jadi cita-cita. Dulu, saya tidak punya itu. Banyak teman saya yang ingin jadi seperti saya—bisa punya nilai bagus di semua mata pelajaran, sementara saya ingin jadi seperti mereka. Nilai bagus bukan segalanya, sama sekali bukan. Karena sesuatu yang mahir kamu lakukan bukan berarti sesuatu yang kamu suka untuk lakukan.
You can be good at something without loving it.

I struggled to decide my major. Saya bisa masuk jurusan apa pun tanpa saya harus menyukainya, tapi saya nggak mau hidup yang seperti itu. Saya mau hidup dengan passion saya. Dan akhirnya, walau baru menemukan itu setelah nyemplung ke kedokteran, saya tetap bersyukur. Karena saya tahu, banyak banget orang yang bahkan hingga dewasa nggak tahu apa passion-nya.

Buat saya, passion adalah sesuatu yang nggak pernah ingin berhenti kamu lakukan sekalipun kamu gagal berulang kali. Passion adalah sesuatu yang membuat kamu bersemangat saat melakukannya, enjoy saat berada di dalamnya. Passion adalah sesuatu yang membuat hidup jadi lebih hidup.  Passion adalah sesuatu yang kamu sukai, nggak perlu jago. Karena suka dan jago itu beda banget. Kamu bisa jago dalam bidang tertentu tanpa harus menyukainya. Dan… buat saya, passion itu adalah menulis.

Kalau kamu belum menemukan apa passion mu, jangan khawatir! Every body has their own, hanya bagaimana cara kita mencarinya. Coba deh hal-hal baru yang belum pernah kamu lakukan, karena kamu nggak akan tahu apa yang kamu suka tanpa mencobanya!

2 comments: