Friday, August 17, 2012

MERDEKA!


Pengen nulis sesuatu tentang 17 agustus—hari kemerdekaan, tapi bingung mau nulis apa. Udah terlalu banyak ajakan memaknai kemerdekaan dengan ikut berkontribusi bagi negara ini. Udah banyak yang bilang kalau kemerdekaan itu nggak sekadar lepas dari tangan penjajah, tapi juga korupsi, kemiskinan, kebodohan, dan sebagainya; nggak cuma merdeka dari, tapi juga merdeka untuk. Udah banyak yang bilang kalau kita dilahirkan di negara ini bukan karena suatu kebetulan. Udah banyak juga yang menyadari kalau nggak pantas terus menerus mengkritik pemerintahan negara ini sementara kita nggak berbuat apa-apa. Dan kesimpulannya, saya jengah dengan semua kata-kata indah di social media yang selalu ada tiap tahun, saya bosan membaca kalimat-kalimat nasionalis yang selalu meramaikan timeline entah untuk pencitraan atau memang benar-benar dimaknai. Setelah hari ini berlalu, lalu apa?

Saat saya menulis ini, saya juga sadar kok. Saya belum berbuat apa-apa untuk negara ini. Saya lahir dan tumbuh di Indonesia, negara ini mengajarkan saya banyak hal, tapi rasanya saya sama sekali belum membayarnya. Yang ada saya malah lebih sering mengkritik mereka yang duduk di bangku pemerintahan, cuek terhadap apa yang sedang dihadapi negara ini, dan merasa lelah serta pesimis dengan keadaan bangsa ini.

Jadi, hari ini saya mau nulis tentang hal-hal apa saja yang membuat saya kagum ketika melihat orang lain melakukan sesuatu untuk negara ini.

Saya selalu kagum dengan orang yang mau capek-capek sekolah di luar negeri dan kembali ke negara ini untuk memakai ilmunya. Banyak banget orang yang udah keenakan di luar, sampai nggak mau balik ke tanah airnya sendiri.

Saya selalu kagum dengan orang-orang yang mau berkarya tanpa melupakan nama Indonesia; yang selalu membawa nama Indonesia dalam karyanya baik itu tulisan, musik, fashion line, maupun produk-produk lain.

Saya selalu kagum dengan mereka yang menjadi sukarelawan di tempat-tempat terisolir di Indonesia. Tenaga-tenaga kesehatan dan pendidik yang mau susah dan meninggalkan zona nyaman mereka demi menjangkau mereka yang ada di pedalaman.

Saya kagum dengan mereka yang idealis yang duduk di lembaga pemerintahan, kagum dengan orang yang selalu berusaha berbahasa Indonesia yang baik dan benar baik dalam kata-kata maupun dalam tulisan, kagum dengan mereka yang menguasai kesenian daerah, kagum dengan mereka yang nggak malu untuk menghargai perbedaan, kagum dengan mereka yang berusaha sebaik mungkin dalam bidangnya untuk berkontribusi bagi negara ini.

Selamat bertambah usia, Indonesia! Semoga negara ini semakin dipenuhi oleh generasi-generasi yang mau peduli dan optimis terhadap masa depan Indonesia.

No comments:

Post a Comment