Thursday, March 22, 2012

Tentang Menjadi Dewasa...


Tua itu pasti, menjadi dewasa itu pilihan.

Kutipan itu pasti udah sering teman-teman dengar. Saya sendiri pertama kali membaca quote di atas dari tulisan salah satu penulis favorit saya. Awalnya saya setuju, tapi kok dengan makin bertambahnya usia, saya jadi kurang sreg ya?

Kalau boleh saya ubah, saya akan mengganti kalimat tersebut jadi:
Tua itu pasti, menjadi dewasa itu mesti.
Nggak ada orang yang bisa menentang penuaan, manusia dilahirkan untuk bertambah umur. Tentu saja seiring dengan pertambahan usia tersebut, kita dituntut untuk bertambah dewasa pula. Di dalam hidup, kita pasti bertemu masalah, kesulitan, tantangan, dan semua itu mau nggak mau membuat kita lebih dewasa. Menurut saya sih, nggak ada orang yang bisa melakukan pencapaian lebih dalam hidup tanpa melalui proses pendewasaan. Seseorang dikasih kepercayaan karena dianggap cukup dewasa untuk bertanggung jawab terhadap tugas tertentu, seseorang diberi jabatan karena dirasa cukup dewasa untuk mengisi posisi tersebut. Nggak mungkin kan, seorang atasan mempercayai anak buahnya jika ia tidak menganggap anak buahnya itu cukup dewasa?

Jadi menurut saya, being mature is not even a choice. Mau nggak mau, suka nggak suka, kita harus menjadi dewasa. Karena hanya dengan cara itu kita bisa mendapatkan lebih, hanya dengan menjadi dewasa kita bisa jadi lebih baik dari yang sekarang. Kamu tidak bisa berusia dua puluh namun memiliki tingkat kedewasaan setara dengan anak yang berusia empat belas, malu banget sama umur. Sekali lagi, ini menurut saya loh. Hehe…

Tell me if you have different opinions, it’d be great to hear from others :)

No comments:

Post a Comment