Thursday, August 4, 2016

tentang: hal-hal kecil yang patut disyukuri

Belakangan ini merupakan waktu yang cukup melelahkan bagi saya. Ujian yang semakin dekat, tensi yang kian tinggi, bahan ujian yang seakan tidak ada habisnya. Hampir setiap hari saya pulang cukup sore dari kampus dan harus berjibaku dengan kemacetan ibu kota yang rasanya tidak pernah cair. Lelah, jenuh, sering sekali rasanya ingin mengeluh. Tapi, lucunya, setiap kali ingin mengeluh, saya selalu diingatkan akan satu kenyataan yang membuat saya sangat-sangat-sangat bersyukur.

Kenyataan bahwa saya bukan koass lagi.

Satu kenyataan yang membuat saya bisa tersenyum dalam hati. Karena semalam apa pun saya pulang, saya tidak harus menginap di rumah sakit untuk jaga malam. Karena selelah apa pun saya, saya masih bisa tidur di kasur yang nyaman, bukannya di atas lantai dengan hanya beralaskan sleeping bag. Karena seburuk apa pun hari saya, saya tidak harus bangun subuh untuk memeriksa pasien satu bangsal. Karena sebanyak apa pun bahan ujian yang harus saya pelajari, saya masih bisa makan dengan teratur. Karena semengerikan apa pun ujian yang akan saya hadapi, saya tidak harus menghadapi omelan konsulen dan perawat. Karena sejenuh apa pun saya, saya masih bisa menikmati akhir pekan di rumah bukannya di rumah sakit. Well, life is pretty good amazingly beautiful when I think that way.

Dan diantara banyak hal yang saya syukuri, satu hal yang paling membuat saya bersyukur adalah hari-hari buruk yang pernah saya lalui. Karena hari-hari penuh air mata itulah yang membuat saya menjadi pribadi yang sedikit lebih tangguh, sedikit lebih tidak manja, dan tidak mudah mengeluh. Karena tanpa hari-hari menyebalkan itu saya tidak akan menganggap bahwa hal-hal sederhana seperti tidur, makan, dan akhir pekan merupakan sebuah kemewahan.

Mungkin kita sering kali lupa ya, ternyata tidak butuh hal muluk dan renungan yang panjang untuk mencari apa saja yang patut kita syukuri. Kalau kita bisa dengan mudah mengeluh atas hal-hal kecil, mengapa kita tidak mencoba untuk bersyukur juga atas hal-hal kecil yang terjadi dalam hidup kita.


Kalau kamu, apa yang membuat kamu bersyukur?

picturetakenfrom:pinterest.com

1 comment:

  1. Go! Go prisil! Gw kepo gr2 astrid neh! Hahaha! Jadi nagih deh! :D

    ReplyDelete