Tuesday, November 15, 2011

Garuda, Papua, dan Indonesia Bisa!



Meski bukan pecinta sepak bola, olahraga ini selalu saja membuat saya kagum. Sepak bola seakan selalu mampu membangkitkan antusiasme berbagai kalangan. Tidak peduli usia, ras, ataupun status ekonomi, pertandingan sepak bola mampu menciptakan momen untuk duduk, menonton, dan berteriak bersama saat gol tercipta. Apalagi, kalau yang tengah berlaga adalah tim merah putih. Melebihi cabang mana pun, sepak bola selalu mampu membangkitkan nuansa nasionalisme yang kental.

Saya bukan penikmat sepak bola, tapi siapa sih yang tidak bangga melihat Garuda Muda berlaga di SEA GAMES tahun ini? Setelah unggul melawan Thailand, perlahan namun pasti timnas U-23 ini melaju untuk menggiring Indonesia menuju kemenangan. Tentu saja keberhasilan mereka menimbulkan euforia yang luar biasa.

Bicara tentang euforia, jangan lupa pula dengan para pemain yang memegang peran utama di dalamnya. Satu yang menarik perhatian saya, tahun ini nampaknya cukup banyak gol-gol yang diciptakan oleh saudara kita dari tanah Papua. Sebut saja Patrich Wanggai dan Ferdinan Sinaga yang menyumbangkan dua gol pada pertandingan melawan Thailand yang lalu. Luar biasa mungkin adalah kata yang tepat bagi mereka. Di saat negara ini menganak-tirikan Papua, mereka justru rela maju ke lini terdepan untuk membela tanah air dan membuktikan bahwa mereka mampu.

Mungkin, tidak perlu menghakimi pemerintah dulu atas perlakuan mereka terhadap Papua. Saya yakin masih banyak diantara kita yang memandang mereka berbeda. Dimulai dari diri sendiri, sebuah pertanyaan penting yang rasanya patut untuk diajukan:
Sudah kah kita menganggap mereka saudara kita sendiri? 
AYO, INDONESIA BISA!

No comments:

Post a Comment