Friday, March 11, 2011

My Time Machine


Setelah membaca artikel di CG! edisi Maret yang intinya berkata bahwa memori kita adalah sebuah time machine, saya jadi tertarik untuk ‘menggunakannya’. Satu-satunya masa yang ingin saya kunjungi saat ini adalah masa SMA saya.

Kalau dipikir-pikir nggak berasa banget, sudah hampir setahun sejak hari terakhir saya di SMA. Sudah setahun sejak saya dan teman-teman sama-sama ngerasain capeknya ngadepin tryout, pemantapan tiap Sabtu, belum lagi jam pelajaran UAN yang makin mendekati hari H makin menggila (satu pelajaran 3 jam!). Udah setahun juga sejak kami ngadepin ujiannya itu sendiri, masih segar dalam ingatan saya deg-degannya waktu nunggu giliran ujian praktik, usaha keras buat dapet nilai tinggi di UAN dan UAS, belum lagi harus mikirin ujian masuk universitas.

Kalau di flashback lagi, saya jadi bertanya-tanya sendiri, kenapa ya masa-masa terakhir di SMA harus diisi dengan aktivitas yg se-hectic itu? Semua persiapan ujian membuat waktu seakan berlari sampai-sampai nggak sempat untuk dinikmati. Tapi kemudian saya sadar, justru segala kesulitan itulah yg membuat kami makin kompak, makin solid satu sama lain, hingga kebersamaan itu makin terasa. Mungkin kalau nggak ada yg namanya ujian akhir hubungan saya dan teman-teman nggak akan seperti sekarang.

Mikirin masa2 SMA seperti ini juga bikin saya ngeh kalau ternyata banyak sekali rutinitas ngangenin yang nggak akan bisa saya rasain lagi, seperti rutinitas bangun pagi dan dengan mata masih setengah terpejam menyambar seragam terus langsung ke kamar mandi, rutinitas menyalin dan disalin PRnya, rutinitas bagi-bagi permen, pocky, atau good time di sekolah, rutinitas ngasih contekan, rutinitas main tap2, rutinitas ngerjain PR mat yang hampir tiap hari ada, rutinitas ngeles ke tempat pak lucky dan surkit, dan masih banyak lagi hal remeh yang bahkan sering saya anggap menyebalkan. Tidak pernah terlintas dibenak saya waktu ngerjain integral atau persamaan reaksi atau vektor kalau suatu hari nanti saya bakal kangen sama soal-soal itu, sama sekali nggak. Tapi ternyata justru susahnya soal itulah yang membuat masa SMA jadi lebih berwarna.

Beneran deh, kesempatan seperti ini tuh nggak akan bisa dibeli. Mungkin hampir semua teman-teman mengejar nilai ketika di sekolah. Yang sering dapet merah berusaha untuk nggak remed lagi, yang udah dapet sembilan pengen dapet 100, tapi pada akhirnya semua nilai itu bukan yang terpenting. Sekolah memberikan lebih dari sekadar nilai di atas ijazah, sekolah memberikan pelajaran seumur hidup yang selamanya akan terpatri di hati kita nggak peduli kita juara umum atau ranking terakhir. Sekolah memberi kita pengalaman lewat guru, teman, pelajaran itu sendiri, bahkan pak satpam atau tante kantin.

Well, susah untuk bilang bahwa 3 tahun adalah waktu yang lama, tapi nggak bisa dipungkiri juga kalau 3 tahun bukan waktu yang sebentar. Mungkin 3 tahun adalah waktu yang pas bagi kita untuk belajar dan dibentuk. Mungkin 3 tahun adalah waktu yang tepat untuk mengenal satu sama lain. Yang jelas, 3 tahun yang kemarin sedikit banyak menjadikan kita yang sekarang.

No comments:

Post a Comment