Monday, May 31, 2010

Go Green!

Hari ini saya mendapat kesempatan untuk memandikan adik perempuan saya yang baru berusia enam tahun. Suatu pengalaman yang jarang sekali saya dapatkan, karena biasanya ia dimandikan oleh pengasuhnya, dan saya bersyukur mendapatkan kesempatan itu hari ini. Mengapa? Begini ceritanya…

Pagi itu, saya menyalakan air dari pancuran, dan adik saya mulai bermain dibawahnya. Ketika tiba saatnya untuk memakai sabun, saya menuangkan sabun ke tangannya tanpa mematikan air, lalu adik saya tiba-tiba berkata,”Tunggu, Ci! Matiin dulu airnya”. Saya menatapnya lalu bertanya,”Loh, memangnya kenapa?”

“Kan sayang airnya…” jawabnya polos sambil mematikan air. Kalimat tersebut menyentil saya, sambil lanjut memandikan adik saya, saya jadi bertanya-tanya dalam hati. Kira-kira, kalau dibandingkan dengan adik saya yang baru mau naik kelas satu SD ini, saya atau dia yah yang lebih peduli dengan lingkungan? Saya boleh saja tahu lebih banyak hal tentang cara menyelamatkan bumi, membuat bumi jadi lebih baik, tapi penerapannya??

Tahu lebih banyak, bukan berarti berbuat lebih banyak… Dan saya tidak mau jadi orang yang hanya banyak bicara namun tidak berbuat apa-apa. Dimulai dari hal-hal kecil, yang biasa tidak saya perhatikan. Saya ingin mengubah kebiasaan saya yang kelihatannya biasa saja, namun secara perlahan tapi pasti merusak bumi ini…

No comments:

Post a Comment